Jul 212020

7 Macam Nutrisi Untuk Bayi

Perkembangan bayi sangat menentukan bagaimana kehidupan dan proses pertumbuhan bayi di kemudian hari. Maka sangat dianjurkan sekali untuk Anda sebagai orang tua memberikan nutrisi yang tepat kepada buah hati Anda. Bayi yang baik adalah bayi yang diberikan asupan makanan yang bergizi tinggi. Bukan hanya sekedar diberi makanan lalu dibiarkan saja. Nah untuk anak bayi nutrisi yang paling sangat dianjurkan adalah mendapatkannya ASI dari ibu kandungnya. Sebab saat anak baru lahir belum dianjurkan mengonsumsi apa pun selain ASI dari orang tuanya. ASI itu memiliki banyak sekali manfaat bagi pertumbuhan buah hati sejak dini. Untuk Anda yang sudah memiliki anak pasti paham apa yang saya maksud.

3 Manfaat ASI Bagi Buah Hati

Tak akan pernah Anda menemui seolah bayi yang baru lahir diberikan nutrisi selain ASI dari ibunya, kalaupun ASI ibunya tidak keluar pasti anak diberikan susu formula yang dikhususkan untuk usianya. Tidak diperkenankan mengonsumsi makanan keras dan minuman selain susu. Karena hal ini berkaitan erat dengan pertumbuhan anak nantinya. Tahukah kamu apa sih manfaat ASI bagi buah hati Anda? Yuk simak beberapa manfaat ASI berikut ini:

  1. Sangat baik untuk membantu merangsang tumbuh kembang buah hati
  2. Sangat baik bagi daya tahan tubuh buah hati
  3. ASI teruji dapat mencerdaskan anak

ASI berasal dari orang tuanya maka diwajibkan bagi orang tua untuk banyak-banyak mengonsumsi segala jenis makanan yang banyak mengandung vitamin.

Maka sangat tidak heran jika terdapat beberapa anak yang mungkin saja mengalami banyak kekurangan misalnya kecerdasannya yang di bawah rata-rata, atau fisiknya yang mengalami ketidak normalan seperti halnya anak-anak seusianya. Semua keburukan itu sebetulnya bisa saja terjadi entah saat ibu mengandung ataupun saat ibu memberikan nutrisi kepada anak kurang tepat dan tidak sesuai usianya. Maka hal yang tidak diinginkan pada buah hati akan terjadi. Sehingga anak mengalami beberapa gangguan fisik ataupun kemampuan lainnya yang berkaitan dengan kecerdasan.

5 Macam Nutrisi Yang Dianjurkan Bagi Bayi

Pada usia anak baru dilahirkan, maka anak sangat membutuhkan banyak sekali nutrisi, tidak hanya dari dalam tetapi juga dari luar. Apa sajakah nutrisi tersebut? Yuk simak beberapa macam nutrisi yang sangat baik bagi anak :

  1. ASI yang berasal dari Ibu paling lama sampai anak usia 2 Tahun
  2. Sayuran hijau karena banyak mengandung klorofil dan baik sekali bagi pertumbuhan anak dari dalam
  3. Vitamin tambahan bagi anak bertujuan memberikan perlindungan dari dalam agar tidak mudah terkena virus dari luar
  4. Perbanyak berjemur ketika pagi hari, karena panasnya sinar matahari mampu membantu anak dalam pembentukan tulang (memperkuat tulang)
  5. Buah-buahan apa pun sangat baik bagi perkembangan bayi

Jika anak Anda masih berusia 1-12 Bulan alangkah baiknya dihaluskan terlebih dahulu jika ingin diberikan kepada anak. Karena pada usia tersebut anak belum seutuhnya mampu mengunyah makanan yang bertekstur keras

Lalu bagaimana caranya jika anak Anda masih sangat bayi atau baru lahir? Nah untuk kasus ini biasanya nutrisi yang anak peroleh ialah dari ibunya atau dari ASI yang bayi minum, maka dari itu sangat dianjurkan sekali ibu menghasilkan ASI untuk anaknya. Walaupun hasilnya sedikit tetapi seiring berjalannya waktu akan lancar, bisa dibilang wajib ya kalau nutrisi ASI karena sangat baik sekali bagi tumbuh kembang bayi. Karena nanti perbedaannya akan terlihat anak yang diberikan ASI dengan anak yang tidak diberikan ASI oleh ibunya.

5 Nutrisi Yang Wajib Diberikan Kepada Anak

Banyak sekali nutrisi yang wajib orang tua berikan kepada anaknya terlebih jika usia anak masih sangat membutuhkan nutrisi. Yaitu sekitar usia 0-5 tahun. Karena pada masa itu anak benar-benar tumbuh dan masih sangat mudah memperoleh serta menangkap ilmu yang dilihat, dirasa dan diberikan oleh orang tuanya. Apa saja macam-macam nutrisi yang sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak? Ini macam-macam nutrisi yang sangat dibutuhkan anak:

  1. Kalsium : untuk pertumbuhan gigi dan tulang berasal dari makanan susu, ikan dan keju
  2. Asam lemak esensial berasal dari makanan telur, ikan tuna dan kacang-kacangan
  3. Zat besi berasal dari makanan kuning telur dan daging

Itulah makanan yang sangat baik bagi perkembangan bayi usia dini.