Mar 142019

5 Tips Menyelesaikan Skripsi dengan Baik

Menjadi mahasiswa selalu dipusingkan dengan berbagai tugas yang menumpuk. Tugas yang diberikan dosen biasanya memiliki deadline yang membuat para mahasiswa harus cepat mengerjakan. Namun tugas-tugas yang diberikan dosen ini secara sadar atau tidak sadar dapat melatih Anda dalam membuat skripsi. Tugas seperti membuat makalah, membuat PowerPoint atau membuat proposal benar-benar dapat membantu Anda dalam mengerjakan skripsi.

Tugas Mahasiswa

Sebagai mahasiswa tentunya Anda tidak boleh merasa menyerah dengan tugas yang diberikan oleh dosen. Karena pada suatu hari nanti Anda akan berterima kasih kepada dosen yang selalu memberikan tugas, karena Anda bisa membuat skripsi dengan baik. Skripsi adalah syarat utama untuk seorang mahasiswa lulus dan mendapatkan gelar sarjana.

Namun nyatanya tak mudah dalam penggarapan skripsi. Ada banyak cobaan yang harus Anda hadapi, seperti berulang kali revisi yang diberikan oleh para dosen pembimbing, referensi atau sumber yang sangat banyak dan banyak cobaan lainnya yang membuat Anda hampir menyerah. Namun jika Anda ingat dengan perjuangan orang tua atau bahkan perjuangan Anda ketika kuliah, Anda harusnya tetap semangat dalam menggarap skripsi tersebut.

Nah untuk itu, di artikel ini akan membahas 5 cara atau tips supaya skripsi yang Anda buat dapat cepat terselesaikan dengan baik

5 Tips Membuat Skripsi Cepat Terselesaikan

  1. Ketahui Kemampuan

Hal yang paling penting dan yang pertama adalah Anda harus bisa mengetahui kemampuan yang Anda miliki. Dalam pembuatan skripsi ada banyak sekali metode yang dapat Anda pilih ketika Anda akan membuat skripsi. Metode tersebut adalah metode kuantitatif, kualitatif dan ada juga metode eksperimen. Nah sebelum memilih metode mana yang akan Anda pilih, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kemampuan diri Anda sendiri.

Jika Anda merupakan tipe yang suka dengan yang berbau-bau angka atau yang menganalisis data, Anda bisa menyelesaikan skripsi Anda dengan menggunakan metode kuantitatif. Jika Anda memiliki hobi menulis, Anda bisa menyalurkan hobi Anda dalam pembuatan skripsi. Dengan kesukaan menulis Anda, maka Anda bisa memilih metode kualitatif dalam pembuatan skripsi. Jika Anda seseorang yang suka sekali dengan tantangan maka metode yang cocok untuk Anda adalah metode eksperimen.

Manfaat dalam mengetahui kemampuan Anda sebelum menulis skripsi juga dapat membuat Anda lebih bersemangat dalam mengerjakan skripsi. Karena Anda mengerjakan skripsi dengan metode yang sesuai dengan kemampuan Anda, sehingga Anda tidak terlalu terbebani.

  1. Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan tapi tak mudah dalam mempraktikkannya. Dengan kebiasaan membaca dapat memberikan manfaat ketika Anda sedang mengerjakan skripsi. Hal ini dikarenakan jika membuat skripsi akan membutuhkan banyak sekali referensi yang mau tidak mau Anda harus membaca semua referensi tersebut.

  1. Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah kunci utama dalam skripsi. Meskipun banyak revisi yang diberikan oleh dosen, Anda tak boleh malas dalam mengerjakan revisi skripsi tersebut. Karena jika malas maka skripsi Anda tidak akan pernah selesai.

  1. Memilih Tema

Dalam penggarapan skripsi, memilih tema merupakan hal penting. Anda bisa memilih tema dengan fenomena-fenomena yang ada di masyarakat sehingga Anda akan lebih mudah ketika sedang melakukan penelitian untuk membuat skripsi.

  1. Mindset

Mindset juga tak kalah penting dalam pembuatan skripsi. Mindset yang perlu Anda tanamkan adalah Anda mampu mengerjakan skripsi itu agar bisa mendapat gelar sarjana Anda.