Mar 032020

10 Hal Dalam Belajar Akuntansi Dasar

Anda pasti tidak asing dengan istilah akuntansi.. Akuntansi adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana proses mencatat, merangkum, mengolah serta menyajikan data transaksi serta hal-hal yang berkaitan dengan keuangan sebuah perusahaan. Akuntansi sendiri sering diterapkan di kehidupan sehari-hari, seperti dalam dunia kerja ataupun usaha karena hasilnya dapat membantu pihak-pihak yang terkait seperti direktur, pemegang saham atau pemilik usaha dalam menentukan langkah bijak selanjutnya. Nah, untuk Anda yang ingin belajar akuntansi dasar seperti Persamaan Dasar Akuntansi dan yang lain, ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan.

Tujuan dari Akuntansi

Akuntansi memang bertujuan untuk membantu sebuah perusahaan dalam menentukan langkah strategis. Namun ada beberapa tujuan lain dari akuntansi, seperti:

  1. Perkiraan keuangan bisnis
  2. Pencatatan yang rinci
  3. Mengetahui bagaimana laba atau rugi dari perusahaan
  4. Pemberdayaan sumber daya yang sesuai

Tujuan-tujuan di atas membantu perusahaan agar bisa lebih memahami bagaimana kondisi keuangan dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mencari akuntan yang handal. Hal itu yang membuat banyak orang yang mulai belajar tentang akuntansi. Bagi Anda yang baru memulai dari materi Persamaan Dasar Akuntansi, perhatikan pembahasan setelah ini.

10 Hal Dalam Akuntansi Dasar

Ada 10 hal dasar ketika Anda belajar akuntansi dasar. Berikut adalah pembahasannya.

  1. Harta (Aset)

Harta atau aset ini adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Bentuknya bisa saja ada ataupun tidak berwujud. Yang terpenting adalah aset tersebut memiliki nilai uang dan bisa dimanfaatkan. Ada dua jenis aset, yaitu aset lancar dan juga aset tidak lancar. Aset tidak lancar juga bisa terbagi lagi menjadi aset tetap, aset tak berwujud dan investasi masa depan.

  1. Kewajiban (Liabilities)

Sebutan umumnya ialah utang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang timbul karena adanya transaksi pada suatu waktu dan wajib dikembalikan dalam bentuk kas, barang atau jasa pada masa yang akan datang. Kewajiban ini juga terdiri dari dua macam, yaitu kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang.

  1. Modal (Equity)

Modal sendiri berarti besarnya hak yang dimiliki dari harta sebuah perusahaan. Equity atau modal ini didapat dari formulasi total harta dikurangi dengan total kewajiban milik perusahaan. Persamaan ini disebut juga Persamaan Dasar Akuntansi. Modal terbagi dari dua sumber, yaitu modal internal dan modal eksternal.

  1. Pendapatan

Pendapatan adalah besaran atau nominal uang yang didapatkan oleh sebuah perusahaan. Sumber pendapatan ini bisa beragam. Mulai dari penjualan barang atau jasa, penyewaan barang ataupun bunga.

  1. Beban

Beban adalah besaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam menunjang operasionalnya.

  1. Laporan keuangan

Laporan keuangan adalah catatan tentang informasi keuangan dari sebuah perusahaan dalam satu periode akuntansi

  1. Kredit

Kredit adalah pencatatan kenaikan kewajiban dan ekuitas pada laporan keuangan. Biasanya berada di sisi kanan.

  1. Debit

Debit adalah pencatatan kenaikan aset di laporan keuangan. Biasanya terletak di sebelah kiri.

  1. Neraca Saldo

Neraca adalah suatu daftar yang berisi semua nama akun beserta besaran saldonya. Neraca digunakan untuk mengetahui keseimbangan dari debit dan juga kredit.

  1. Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi adalah

Siklus akuntansi adalah suatu proses bagi sebuah perusahaan untuk membuat laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Siklus ini terdiri dari minimal 10 proses dimana diawali dengan transaksi dan diakhiri dengan jurnal pembalik.

Itulah tadi 10 hal penting yang perlu Anda ketahui tentang akuntansi dasar. Dengan berbekal hal dasar semacam Persamaan Dasar Akuntansi, Anda akan paham tentang akuntansi yang lebih lanjut. Selamat belajar ya!